Pages

Dunia PTC

Rabu, 17 November 2010

OBAMA

Obama 'Ganjar' Warren Buffet Anugerah Sipil Tertinggi

Kamis, 18 November 2010 - 13:00 wib
text TEXT SIZE :  
Widi Agustian - Okezone
Warren Buffet
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memutuskan miliarder Warren Buffet sebagai pemenang dari 2010 Medal of Freedom. Selain itu, mantan Presiden AS George W Bush dan Kanselir Jerman Angela Merkel juga meraih penghargaan ini.

"Ini kehormatan yang diterima bagi mereka yang sukses dalam berbagai bidang dan berasal dari berbagai latar belakang. Tetapi semuanya menjalani hidup yang luar biasa yang telah menginspirasi kami," kata Obama dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (18/11/2010).

Presiden AS tersebut memilih 15 orang untuk penghargaan kehormatan sipil tertinggi di AS pada 2010 ini. Penyerahan penghargaan ini pun akan dirayakan pada awal tahun depan di Gedung Putih.

Selain Bush, politisi lainnya yang ditunjuk Obama adalah anggota kongres John Lewis. Serta Merkel yang merupakan wanita pertama yang juga dan orang Timur pertama yang menjadi Kanselir Jerman.

Penghargaan yang diterima Bush, presiden AS ke 41 dan seorang Republikan, dapat dilihat sebagai isyarat bipartisan oleh Obama yang seorang Demokrat.

Selain itu, penerima penghargaan ini di antaranya penulis Maya Angelou, pemain cello Yo-Yo Ma, dan Dokter Tom Little yang terbunuh di Taliban, Afghanistan pada Agustus. Serta pemain basket Bill Russell dan atlet baseball Farmer Stan Musial.

Buffett, salah satu investor paling sukses di dunia yang telah menyumbangkan sepotong besar kekayaannya untuk amal, adalah satu-satunya wakil dari dunia usaha yang mendapatkan kehormatan ini.

Chairman dan Chief Executive Berkshire Hathaway Inc, Buffett tak terduga mengumumkan pada 2006 bahwa ia akan memberikan sebagian kekayaannya, senilai sekira USD40 miliar, sebagian besar ke Bill dan Melinda Gates Foundation.

Buffett merupakan salah satu pembela terdekat Obama dalam komunitas bisnis dan presiden telah meminta nasihatnya sebelum 'bertempur' kembali ke kampanye presiden 2008.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan pada Rabu oleh New York Times, Buffett memuji Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, mantan Presiden George W Bush dan pejabat pemerintah lainnya untuk memimpin upaya-upaya untuk menyelamatkan perekonomian selama krisis keuangan dua tahun lalu.

"Perusahaan saya sendiri, Berkshire Hathaway, mungkin yang terakhir akan jatuh. Tapi, perbedaan yang menyediakan hiburan kecil," kata Buffett yang dijuluki Oracle of Omaha.

Medal of Freedom diberikan kepada orang-orang yang dianggap telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi keamanan AS, perdamaian umum, atau di sektor vital lainnya.(wdi)

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "