Pages

Dunia PTC

Jumat, 17 Desember 2010

INDONESIA V FILIPHINES

Fokus
Piala AFF 2010
Wajah Skuad Filipina, Wajah Lawan Kita
Dari sebelas pemain, delapan adalah pemain naturalisasi yang pernah merumput di Eropa.
Jum'at, 17 Desember 2010, 23:40 WIB
Zika Zakiya
Neil Etheridge (eurosport)
VIVAnews - Filipina tampil mengejutkan dalam laga kompetisi sepakbola paling bergengsi se Asia Tenggara, Piala AFF Suzuki 2010. The Azkals--julukan timnas Filipina--berhasil memukul juara bertahan Vietnam dan menahan seri Singapura. Untuk pertama kali sejak Piala AFF digelar, Filipina masuk semifinal.
Timnas asuhan pelatih muda SImon McMenemy ini berhasil lolos ke babak empat besar setelah menjadi runner up Grup B. Ini suatu prestasi membanggakan buat Filipina yang sebelumnya bahkan tak diunggulkan untuk lolos dari Grup B bersama Vietnam, Singapura, dan Myanmar.



Namun Filipina yang sekarang berbeda dengan Filipina yang dikalahkan Indonesia 13-1 di Piala AFF 2002 lalu. The Azkals yang sekarang dipenuhi pemain naturalisasi.

Kombinasi pemain asing dan lokal Filipina itu menjajal Skuad Garuda di babak semifinal pertama 16 Desember 2010 lalu. Tak disangka-sangka, Phil Younghusband dan kawan-kawan sanggup bermain lepas dan seakan kebal dari raung dukungan dan teror 80 ribu suporter Merah Putih yang memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pengalaman bertanding di laga internasional tampaknya menjadi kunci yang membuat para pemain Filipina tak mudah demam panggung. Siapa saja mereka dan apa pengalaman sebelas pemain Filipina ini. Berikut profil mereka.

1. Kiper Neil Leonard Dula
Bernama lengkap Neil Leonard Dula Etheridge, kiper muda kelahiran 7 Februari 1990 ini memiliki darah campuran Inggris-Filipina. Etheridge yang sempat berposisi sebagai striker sudah bergabung dengan klub lokal di London sejak usia sembilan tahun.
Bahkan di tahun 2003, pemain bertinggi 191 cm ini bergabung di Akademi Chelsea. Di sinilah dia bertemu kakak-beradik James dan Phil Younghusband yang akhirnya juga membela Filipina.

1 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "